Hari Pertama Larangan Mudik, Ratusan Kendaraan Di Bekasi Disuruh Putar Balik

Hari Pertama Larangan Mudik, Ratusan Kendaraan Di Bekasi Disuruh Putar Balik

Selama operasi ketupat Candi, Polda Jawa Tengah mempersiapkan sebanyak 277 pos pengamanan dan pemantauan. Dua verify point di jalur tol masing-masing berada di pintu keluar Tol Brebes dan Sragen. Pada pos-pos yang ditempatkan di pintu-pintu masuk jalur mudik tersebut, lanjut dia, petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpangnya. Sebagaimana diketahui, 158 titik penyekatan yang disiagakan terletak di jalur arteri ataupun jalur tikus yang acap kali dilalui oleh pemudik.

Tim medis didampingi petugas pospam TPI Eretan Wetan dan pos pam TPI Eretan Kulon melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan terhadap pekerja, pedagang, dan warga pengunjung di sekitar space itu. CURUG – Polda Metro Jaya mendirikan pos operasi simpatik mudik di exit Toll Tangerang-Jakarta tepatnya di Bitung, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pos ini bertugas menghalau warga yang memaksa mudik dan pulang kampung dari Jakarta ke Sumatera atau Merak. Mantan Kapolda Babel ini menegaskan, penjagaan di titik-titik penyekatan dilakukan selama 24 jam. Pada Operasi Ketupat 2020 kali ini, petugas tidak boleh lengah untuk memantau kendaraan yang lewat.

Petugas dari Polda Jawa Tengah secara intens mendapatkan ratusan kendaraan tersebut berhasil mencapai Semarang, Jawa Tengah. Petugas polisi meminta seluruh kendaraan untuk putar balik kendaraan kembali ke daerah masing-masing. “Kami juga siapkan posko kesehatan yang join dengan rumah sakit rujukan COVID-19,” katanya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, posko kesehatan tahun ini tersambung dengan rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

Kasatlantas Kuansing, AKP Rocky Junasmi, mengatakan, larangan mudik mulai diterapkan pada 6 Mei 2021 berkhir 17 Mei. Peningkatan volume kendaraan keluar Jakarta memang telah terlihat sejak dua hari sebelum pelarangan mudik diterapkan dan Operasi Ketupat dimulai. Tercatat ada peningkatan volume kendaraan sebesar 27 persen pada 22 April 2020 di Gerbang Tol Cikampek Utama. “Kita arahkan para pelintas untuk melengkapi surat perjalanan, terutama hasil swab dan antigen di faskes terdekat, seperti RSUD dan Puskesmas,” katanya. Dalam kegiatan tersebut, tiap kendaraan bernopol luar disetop dan diminta menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 yang masih berlaku.

Pemudik disuruh untuk putar balik

“Pengecekan dilakukan mulai dari dokumen perjalanan, penggunaan masker, bodily distancing, dan pemeriksaan suhu tubuh,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (25/4). “Sanksi akan mengikuti UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan . Tetapi saya berharap tidak ada yang melanggar sehingga sanksi tidak perlu dijatuhkan,” paparnya. “Pengecekan dilakukan mulai dari dokumen perjalanan, penggunaan masker, physical distancing, dan pemeriksaan sihu tubuh,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (25/4).

“Sanksi akan mengikuti UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan. Tetapi saya berharap tidak ada yang melanggar sehingga sanksi tidak perlu dijatuhkan,” paparnya. “Pengecekan dilakukan mulai dari dokumen perjalanan, penggunaan masker, physical distancing, dan pemeriksaan suhu tubuh,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (25/4). Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengupdate knowledge pihak-pihak yang terdampak Covid-19 baik warga non Jatim yang berada di Jatim, ataukah warga Jatim yang berada di Jabodetabek.

Dengan keinginan mudik yang tinggi agar bisa melepas kerinduan dan bersilaturahmi dengan kerabat ia lebih memilih berjalan kaki untuk sampai ke kampung halaman. Hal itu, kata Teddy, dilakukan akan petugas mudah mengidentifikasi keluar masuknya warga, khususnya pekerja. “Sementara bagi penumpang yang ketahuan akan mudik maka akan langsung dilakukan karantina di Asrama Haji Surabaya,” ujarnya, menambahkan. Sesuai aturan dari pemerintah, journey atau sewa dilakukan penindakan dengan tilang dengan penyitaan. Maryadi menegaskan penyekatan tersebut dilakukan 24 jam sampai tanggal 17 Mei 2021 mendatang.

Meskipun sudah menyiapkan titik penyekatan, Emil menuturkan, bakal ada sekitar 400 ribu pemudik yang diprediksi bakal lolos. Maka dari itu, dia meminta pada aparat pemerintahan di kewilayahan untuk menyiapkan ruang karantina. Kapolres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Aloysius Suprijadi mengatakan, tim yang bertugas melakukan pengamanan jalur mudik mencapai 350 personil gabungan. Mereka berjaga di titik-titik perbatasan untuk menghalau pemudik menuju ke kampung halamannya. Mengingat aturan larangan mudik di Indonesia dilakukan demi menyelamatkan bangsa dari pandemi. Selain itu, Hotman juga menyoroti sikap pengendara yang berani maki-maki petugas penyekatan mudik menggunakan kata-kata kasar.

Comments are closed.